Artikel · April 11, 2022 0

PENTINGNYA ETIKA DAN MORAL

Moral adalah kriteria baik dan buruk yang diterima oleh masyarakat secara umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban dan sebagainya. Moral merupakan standar perilaku yang memungkinkan setiap orang untuk dapat hidup secara kooperatif dalam suatu kelompok. Moral dapat mengacu pada sanksi-sanksi masyarakat terkait perilaku yang benar dan dapat diterima.

Etika adalah konsep tindakan atau perilaku manusia tentang baik dan buruk. Ada tiga macam etika, yaitu: Deskriptif, Normatif dan Mataetika. Berikut penjelasan dan contoh etika dalam kehidupan. Kata etika sudah ada sejak filsafat Yunani, Aristoteles memakai kata ini untuk menunjukkan filosofi moral.

Sebenarnya etika dan moral tidak terlalu jauh berbeda. Sama-sama berhubungan dengan perilaku benar dan salah. Namun etika mengacu pada aturan yang diberikan dari faktor eksternal, contoh kode-kode etik dan prinsip keagamaan, sementara moral lebih pada prinsip masing-masing indovidu yang bernilai benar atau salah.

Pendidikan etika dan moral memanglah sangat penting diterapkan dalam kehidupan, terutama pada kalangan remaja. Perkembangan etika dan moral dikalangan remaja, terlihat sangat miris sekali, banyak pelajar yang pintar secara intelektual, namun secara etika dan moral sangatlah kurang. Pembelajaran etika dan moral bisa dimulai melalui Sekolah Dasar sebagai tingkatan sekolah yang paling bawah dan tidak akan pernah selesai sampai Pendidikan Tinggi.

Dalam kehidupan ini, ada beberapa faktor pendorong krisisnya nilai pendidikan etika dan moral dalam dunia pendidikan. Beberapa hal yang menjadi pendorong krisis nilai etika dan moral di dunia pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Kurangnya pendidikan moral dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat
  2. Pengaruh globalisasi
  3. Kurangnya peran agama

Nilai-nilai etika dan moral harus diketahui oleh seluruh pelajar di penjuru dunia. Nilai-nilai tersebut diantaranya: Religiusitas, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, kerja keras, kreatif, dan demokratis.

Manfaat moral untuk memotivasi manusia dalam bertindak dan berbuat baik yang didasari dan dilandasi oleh kewajiban mempertimbangkan semua tindakan yang akan dilakukan. Sedangkan manfaat etika dapat membantu pendirian kita dalam berbagai macam pandangan. Etika dan moral sangatlah penting bagi kalangan pelajar dan bahkan masyarakat pada umumnya.namun, banyak yang menyepelekan. Oleh sebab itu, kita harus menanamkan nilai-nilai etika dan moral dalam diri kita, apalagi di zaman milenial seperti sekarang ini. Diharapkan pendidikan moral dapat terlaksana dengan baik, sehingga tujuan pendidikan benar-benar tercapai dengan sempurna.

Penulis: Muhammad Egi Maulana S (Kelas X MM)

Editor: Muh. Amri Mukhtarifin, S.Pd.,Gr.